Posted by : andry natanel

ENDOMETRIOSIS
Endometriosis

Endometriosis merupakan penyakit serius yang menyebabkan dinding kandungan tumbuh  di luar kandungan. Tak ada yang mengetahui dengan pasti apa penyebab endometriosis. Tetapi karena penyakit ini banyak ditemukan di daerah industri dan tempat-tempat dengan  tingkat polusi tinggi, maka disimpulkan bahwa salah satu penyebabnya adalah polusi industri. Endometriosis bisa sangat menyakitkan dan dapat pula membuat seorang wanita sulit hamil.
     Tanda-tanda
    Tanda-tanda utama terjadinya endometriosis adalah rasa sakit pada saat datang bulan dan rasa sakit di punggung bagian bawah dan daerah perut. Tanda-tanda lainnya adalah:
  1. Pendarahan berat pada saat datang bulan atau pendarahan dari vagina  setiap saat
  2. Rasa sakit pada saat berhubungan kelamin    
  3. Rasa sakit pada saat buang air besar, seringkali disertai diare atau konstipasi   
  4. Kembung, muntah, mual, rasa sakit di punggung bagian bawah, dan keletihan. 
    Ini semua bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan lainnya. Untuk mengetahui  apakah ini endometriosis atau penyakit serius lainnya, segera temui petugas kesehatan yang sudah terlatih.
    Namun demikian, sebagian petugas kesehatan kurang mengenal endometriosis sehingga jika Anda merasakan tanda-tanda penyakit ini dan seorang petugas kesehatan mengatakan bahwa Anda tidak menderita endometriosis, maka usahakan mencari pendapat dari petugas kesehatan lain.
         Pencegahan dan pengobatan
      Anda dapat saja menggunakan pil keluarga berencana (KB) untuk mengurangi rasa sakit, datang bulan yang banyak sekali atau datang bulan yang tidak teratur. Bicarakanlah dengan petugas kesehatan. Untuk mengurangi rasa sakit Anda dapat pula menggunakan obat seperti ibuprofen. Bacalah buku kesehatan Where Women Have No Doctor untuk mempelajari cara-cara mengatasi rasa sakit.
       Bagi sebagian wanita, mengubah pola menu makan nampaknya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gejala-gejala. Mengingat bahwa endometriosis disebabkan oleh gangguan pada hormon estrogen maka sebaiknya hindari makanan yang mengandung estrogen atau zat-zat yang menyerupai estrogen, misalnya :

  1. Daging dan produk susu yang berasal dari hewan yang sudah diberi hormon atau diberi pakan biji-bijian yang mengandung pestisida.
  2. Sayur dan buah yang telah disemprot dengan pestisida
  3. Kacang kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai, kacang tanah dan kacang-kacangan lainnya. 
      Hal lain yang dapat menolong adalah dengan menghindari makanan yang merangsang tubuh memproduksi lebih banyak estrogen atau menimbulkan efek seperti estrogen, misalnya makanan yang berasal dari genus Solanaceae (terong, kentang, tomat, dan merica), dan kopi, coklat, teh dan minuman cola. 

            Sejumlah makanan dapat membantu tubuh memerangi endometriosis, yakni:
  1. Makanan yang mengandung serat, seperti biji-bijian, buncis, dan beras coklat   atau merah.
  2. Makanan mengandung lemak yang sehat yang disebut lemak Omega-3 seperti ditemukan di walnut, biji labu, ikan salmon, dan lemak ikan lainnya.
  3. Sayuran berwarna hijau tua, kubis, brokoli, kembang kol, wijen, ara, dan kacang almon.

Pengunjung Yg bijak, pasti meninggalkan jejak :

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

TERBARU :

BACA JUGA :

BERGABUNG DI GOOGLE+

copyright2014/ Andry Natanel Tony. Powered by Blogger.

- Copyright © Mahasiswa Farmasi Bicara -Metrominimalist- Modified by ADMIN -