Posted by : andry natanel


VISI :
“MENJADI UNIVERSITAS YANG UNGGUL SEBAGAI PUSAT PENGEMBANGAN ILMU DAN TEKNOLOGI”
MISI :
  1. Menciptakan Suasan Akademik yang Kondusif
  2. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran yang Berkualitas
  3. Melaksanakan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat secara berkualitas dan Berkelanjutan

Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) bagian dari sejarah panjang pendidikan di Tanah Minahasa. Sekolah Pembantu Penginjilan tela berdiri pada 1 November 1868. Hingga tahun 1886, sekolah ini kemudian menjadi cikal bakal berdirinya School tot Opleiding van Inlandse Leeraaren (STOVIL). Masa pendudukan Jepang kala itu dan situasi pasca Perang Dunia II mengakibatkan proses belajar-mengajar di STOVIL terhenti.
Terhentinya kegiatan pendidikan Teologi ternyata menjadi perhatian Domenee Ds. A.Z.R Wenas yang kala itu menjabat Ketua Sinode Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM) beserta seluruh jajarannya. Bentuk keprihatinan tersebut adalah dengan melahirkan keputusan pendirian Perguruan Tinggi Theologia (PPTh) di Tomohon pada 7 Oktober 1962. Inilah tanggal yang kemudian dijadikan momen bersejarah berdirinya Fakultas Teologi Universitas Kristen Indonesia Tomohon.
Motivasi utama didirikannya Universitas Kriten Indonesia Tomohon (UKIT) adalah keperpanggilan dari beberapa tokoh Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM) di tahun 1960-an dalam mengemban misi: kesaksian dan pelayanan diakonia di bidang Pendidikan Tinggi sebagai bagian integral dari Sistem Pendidikan Nasional, dalam rangka pembangunan bangsa dan negara Indonesia.
Dalam mewujudkan keterpanggilan itu, maka beberapa tokoh GMIM memprakarsai berdirinya UKIT. Mereka antara lain, Pdt. Albertus Zakaria Runturambi Wenas (Ketua Sinode GMIM pertama asal Minahasa), Prof. Dr. Med. S.J. Warouw (Rektor UKIT pertama), Pdt. W. Langi dan Drs. U.V. Sondakh. Mereka sepakat mendirikan UKIT pada tanggal 19 Oktober 1964 dan ditahbiskan secara resmi tanggal 20 Februari 1965 di Gereja “Sion” Tomohon.
Pada awal berdirinya UKIT memiliki empat Fakultas, yaitu masing-masing: Fakultas Teologi, Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam, Fakultas Psikologi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Keempat fakultas tersebut mendapat status terdaftar dengan Surat Keterangan Terdaftar oleh Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor: 149/B-Swt/P/1966 pada tanggal 27 April oleh Drs. A. Soeganda, MA.
Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 048/O/1981 tanggal 22 Januari 1981 tentang Penetapan Kembali Status tedaftar bagi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VII, dan pada tanggal 22 Agustu 1981 dibuka Fakultas Hukum, kemudian dengan adanya penetapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ditetapkan Keputusan No. 0.392/O/1986 tanggal 22 Mei 1986 tentang Penetapan Kembali Penyesuaian Jalur, Jenjang dn Program Pendidikan serya Nama Fakultas/Jurusan/Program Studi Status terdaftar pada Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah IX kepada 1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2). Fakultas Psikologi, 3). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4). Fakultas Teologi, dan pada tanggal 20 Februari 1998 dibuka secara resmi Program Pascasarjana Teologi UKIT. Kemudian pemberian Status Terdaftar tanggal 1 Mei 1993 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi kepada Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian.
Ditetapkannya Status Terakreditasi Program Studi Pascasarjana Teologi UKIT Stratum Dua (S2) oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Departemen Agama RI, No DJ.III./Kep/HK.00.5/272/2637/2005, pada tanggal 19 Agustus 2005, bersamaan dengan itu telah dibuka Stratum Tiga (S3) untuk Program Studi Teologi Kristen Protestan. Kemudian pada tanggal 13 Januari 2007 dikeluarkannya Keputusan BAN-PT Nomor 001/BAN-PT/Ak-X/S1/I/2007, Status Peringkat dan Hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi untuk Program studi Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum.
Sekarang ini, UKIT memiliki 14 Program Studi yang tersebar di tujuh Fakultas.


SUMBER :   UKIT TOMOHON

{ 2 comments... read them below or Comment }

TERBARU :

BACA JUGA :

BERGABUNG DI GOOGLE+

copyright2014/ Andry Natanel Tony. Powered by Blogger.

- Copyright © Mahasiswa Farmasi Bicara -Metrominimalist- Modified by ADMIN -