Posted by : andry natanel

Tiaryt
komposisi:
Amiodarone HCl     200 mg


Farmakologi :
tiaryt memperpanjang lama kerja potensi aksi dan periode refraksi pada seluruh jaringan jantung (termasuk nodus sinus, atrium, nodus atrioventrukular (AV) dan ventikel) dengan bekerja langsung pada jaringan tanpa mempengaruhi secara nyata potensi membran. disamping itu tiaryt dapat menurunka otomatisitas nodus sinus dan otomatisitas junction, memperlama konduksi AV dan mempelambat otomatisitas perangsangan spontan serabut-serabut dalm sisitem purkinje.
untuk penderita pengidap sindroma Wolf-parkinson-White (WPW), tiaryt memperlama refraksi dan memperlambat konduksi di jaringan alur pelengkap. selain itu tiaryt, menyababkan antagoneime reseptor α dan β menginhibisi saluran kalsium dan jelas mempengaruhi metabolisme hormone tiroid, akan tetapi hubungan dengan kerja anti aritmianya belum jelas.
indikasi :
a.       menekan dan mencegah  kambuhnya aritmia ventrikuler yang membahayakan jiwa, termasuk takikardia ventrikuler dengan hemodinamika yang tidak stabil atau fiibrilasi ventrikuler.
b.      menekan dan mencegah refraksi aritmia supraventrikuler agar supaya penderita dapat dirawat dengan pengobatan konvensional, khususnya bila dihubungkan dengan sindroma WPW,  termasuk serangan mendadak firilasi supraventrikuler , getar atrial, ektopi takikardia atrial, dan takikardia supraventrikular baik dari nodus balik AV dan takikardia AV balik pada penderita WPW.

Dosis Dan Cara Pemberian :
a.    aritmia ventrikuler : Dosis awal 800-1600 mg per hari untuk 1-3 minggu. bila dosis total sehari 1000 mg atau lebih atau bila terjadi intoleransi saluran cerna tiaryt dapat diberikan dalam dosis terbagi sewaktu makan. apabila pengawasan cukup kuat atau terjadi efek samping yang berlebihan, dosis harus dikurangi antara 600-800 mg/hari selama 1 bulan dan selanjudnya 400 mg/hari untuk dosis pemeliharaan.
b.    aritmia supraventrikular : diberikan 600 mg/hari terbagi dalam 3 dosis selama 1 minggu dan selanjudnya 200-400 mg/hari. setelah itu diberikan dosis efektif  terendah untuk memperkecil efek samping.
c.    tiaryt diminum pada waktu atau sesudah makan. pemakaian dosis harus sesuai dengan petunjuk dokter. efek obat masih ada setelah 7 minggu lebih setelah pemakaian obat ini dihentikan.
Efek Samping :
1.    timbulnya efek samping umumnya berhubungan dengan dosis dan lamanya pengobatan. efek samping bahkan dapat timbul pada konsentrasi terapi plasma Amiodarone, akan tetapi yang paling umum terjasdi pada konsentrasi lebih dari 2,5 mcg/mL. efek samping juga dapat terjadi dalam perawatan yang terus-menerus selama lebih dari 6 bulan. efek samping dapat saja timbul setelah beberapa hari, minggu atau Tahun setelah dilakukan terapi awal Amiodarone.
2.    efek samping dapat bertahan selama beberapa bulan setelah pemberian
3.    efek samping yang sering terjadi adalah :
a.       Neurotoksisitas (gemetar)
b.      Fotosensifitas (khususnya cahaya UV-A )
c.       fibrosis paru-paru atau pneumanitis dalam/alveolitis
4.    efek samping yang sedikit terjadi adalah :
a.       aritmia
b.      timbul warna biru abu-abu pada pada kulit muka, leher dan tangan.
c.       gagal jantung kongestif
d.      hipertiroid
e.       epididimitis non infeksi
f.       toksisitas pada mata
g.      sinus bradikardia
5.    efek samping yang jarang terjadi adalah reaksi alergi (ruam kulit) dan hepatitis.
6.    efek samping yang lain : mual, muntah, konstipasi, anokresia, sakit pada perut, sakit kepala, leleh tidak bertanaga, nyeri otot, ataksia, parestesia.


Kontra Indikasi :
Disfungsi sinus node berat, blok AV derajat 2 dan 3, sinkop. Disfungsi tiroid. Hamil & menyusui. Sensitif thd iodide
Interaksi :

Peningkatan risiko aritmia ventrikuler dengan antidepresan trisiklik, astemizol, terfenadin, fenotiazin. Peningkatan efek antikoagulan warfarin. Metabolisme dihambat oleh fenitoin. Peningkatan risiko bradikardia, blok AV, depresi miokardium dengan beta bloker, diltiazem dan verapamil. Peningkatan konsentrasi digoksin dalam plasma. toksisitas meningkat jika terjadi hipokalemia dengan diuretik kuat & tiazid. Konsentrasi dalam plasma meningkat oleh simetidin

Pengunjung Yg bijak, pasti meninggalkan jejak :

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

TERBARU :

BACA JUGA :

BERGABUNG DI GOOGLE+

copyright2014/ Andry Natanel Tony. Powered by Blogger.

- Copyright © Mahasiswa Farmasi Bicara -Metrominimalist- Modified by ADMIN -